Begini Cara Dapetin Passive Income Jaman Now!
10 Oct 2023

Begini Cara Dapetin Passive Income Jaman Now!

Dalam dunia digital saat ini apapun bisa menghasilkan uang, asalkan kita jeli dan paham cara kerjanya. Kalo kamu merupakan orang-orang kreatif seperti desainer, illustrator, fotografer atau kamu orang yang suka dengan dunia kreatif, kamu bisa banget dapetin pasif income melalui internet dengan menjual karya-karya yang kamu ciptakan.

Berpenghasilan dalam dunia kreatif dan punya peluang yang besar sangat menarik untuk digeluti, penasaran gimana caranya menambah penghasilan melalui dunia kreatif? Yuk sama-sama kita kupas tuntas!

Apa itu Mikrostok?

Mikrostok

Mikrostok merupakan wadah bagi para kreator untuk menjual hasil tangan mereka, baik dalam bentuk gambar, vector, foto, ilustrasi dan lainnya.

Kebanyakan mikrostock menggunakan sistem royalti, di mana para desainer, ilustrator, fotografer atau pelaku kreatif lainnya akan dapet bayaran dari setiap unduhan karya mereka. Besaran royalti dihitung berdasarkan jumlah karya yang udah diunduh oleh buyer pada setiap karya mereka. Selain sistem royalti, ada juga mikrostok di luar sana yang membayar pelaku kreatif per karya yang dijual.

Seiringnya waktu, setiap kali kamu berkreativitas dan selalu memasarkannya, karyamu akan diakui oleh banyak orang dan memiliki kredibilitas yang tinggi hingga akhirnya akan menjadi ladang cuan buat para kamu sebagai kreator di platform mikrostok.

Cara kerja mikrostok gimana sih?

  1. Gabung dulu untuk menjadi kontributor pada sebuah platform mikrostok dan lengkapi isian data-datanya.

  2. Setelah akun kamu teraktivasi, upload karya-karya terbaik kamu yang syarat dan ketentuan menjadi kontributor.

  3. Setelah di approve oleh tim reviewer mikrostok, setiap desain, ilustrasi atau foto kamu siap untuk dijual dan dipasarkan.

  4. Begitu ada buyer yang mengunduh atau membeli karya kamu sesuai dengan kebutuhannya, maka kamu akan mendapatkan keuntungan dari karya tersebut.

Tertarik untuk gabung di mikrostok? Yuk baca artikel ini

Royalti vs Fee Per Karya, Lebih Untung yang Mana?

Income Pasif

Seperti yang sudah di bahas di atas, pembayaran royalti merupakan pembayaran hak cipta pada sebuah karya. Sebuah karya biasanya bisa mendapatkan lebih dari satu kali pembayaran royalti atau tergantung pada berapa kali karya tersebut diunduh.

Berbeda dengan royalti, pembayaran per karya justru hanya tersedia satu kali, yaitu dimana satu karya dijual dan telah dibayar lunas maka tidak ada pembayaran apapun pada kemudian hari. Namun, jika kamu ingin mengunduh karya yang sama beberapa kali, maka kamu harus membeli karya tersebut beberapa kali.

Nah, jadi untungan yang mana, ini tergantung dengan banyaknya dan kualitas karya kamu. Jika karya kamu punya kualitas yang sangat bagus, tentunya menjual karya per satuan akan lebih menguntungkan daripada royalti. Sebaliknya, jika kamu memiliki banyak karya dengan kualitas yang biasa-biasa saja, tentu sistem royalti akan lebih menguntungkan untuk kamu.

So, untuk kamu yang punya desain siap pakai, ilustrasi atau foto, dari pada karya kamu hanya disimpan di pc atau sekedar posting di sosial media, mending kamu upload ke mikrostok aja. Lumayan banget loh untuk portofolio sekaligus dapet duit!